Jika Kalian Ingin Maju, Kalian Harus Belajar Tega Harus Belajar Tegas

Gunakan Waktumu Untuk Belajar Lebih Banyak Dan Buat Hal Yang Produktif

Jika kita berbicara soal ilmu pengetahuan. Dan melihat anak-anak sekarang yang mereka memiliki kecerdasan yang wah. Sangat berasa sekali perbedaannya. Sedangkan kita bisa lihat misalnya buku pelajaran anak SD sekarang dan buku pelajaran anak SD jaman dulu, isinya sudah berbeda. Dan tingkat kesulitannya juga berubah. Sekarang bisa dibilang buku pelajaran mereka kesulitannya sudah semakin rumit. Dan mereka bisa menerima itu, bisa mencerna itu. Jadi anak-anak sekarang untuk soal ilmu pengetahuan, memang diakui semakin pintar.   

Jika Kalian Ingin Maju, Kalian Harus Belajar Tega Harus Belajar Tegas

Selain semakin pintar, mereka juga semakin berani dalam mengungkapkan atau berbicara di depan umum, semakin berani mengemukakan pendapat. Semakin berani bertanya. Semakin berani mencoba hal baru. Keingintahuan mereka semakin besar, sehingga generasi sekarang, mereka memang pintar-pintar dan kreatif. Tapi belajar ilmu pengetahuan juga tidak cukup. Kita harus imbangi dengan ilmu kehidupan, dengan belajar etika, sopan santun, tata krama, itu juga penting. Belajar untuk menjadi orang yang tegas itu juga penting. 

Karena itu akan membentuk mental kita agar semakin kuat. Dan semakin menerima kenyataan dan tantangan dan rintangan yang ada di depan. Harus belajar tega, belajar tegas. Itu adalah pelajaran lainnya yang sangat penting yang harus kalian kuasai. Karena banyak juga pengalaman orang yang memiliki otak jenius, cerdas, visioner. Tapi mentalnya tidak ada, dia masih yang masih tidak tegaan, masih yang gak enakan. Itu akan stuck di posisinya saja. Akan sulit berkembang. 

Walaupun ilmu pengetahuannya berkembang, tapi untuk sikap dan tindakan tidak mendukung, ya dia akan susah untuk berkembang. Akan sulit untuk dia bisa maju. Karena jika orang ingin maju, dan berkembang, orang harus menyeimbangi ilmu pengetahuan dan sikap dan tindakan. Jadi teori dan praktek harus selaras. Kalau tidak seimbang, maka kalian akan stuck di tempatmu sekarang ini. Memang sulit keluar dari zona nyaman. Tapi hasilnya sebanding dengan apa yang akan kalian dapatkan di kedepan. Seperti semakin banyak lagi hal baru yang kalian pelajari, dan skill kalian semakin bertambah dan terasa.