Setiap Orang Membutuhkan Satu Sama Lain Untuk Menjalani Hidup

Menyayangi Merupakan Perihal Yang Dapat Dilakukan Semua Orang

Manusia kadang suka lepas kontrol. Kadang suka lepas kendali. Untuk itu adanya kata penyesalan, sesal. Karena dari kehilangan kontrol diri, kehilangan kontrol akan emosi yang ada itu membuat diri bisa menjadi lupa diri dan bisa melakukan beberapa hal yang di luar pikiran kita, di luar nalar kita. Dan akhirnya malah menciptakan masalah baru yang malah tidak akan ada habisnya. Dan itulah manusia. Itu sifat manusia. Sehingga penting sekali untuk manusia bisa hidup berdampingan untuk saling mengingatkan satu sama lain. 

Setiap Orang Membutuhkan Satu Sama Lain Untuk Menjalani HIdup

Dan itu kenapa orang akan membutuhkan kehadiran orang lain. Pun kita bisa melakukan segala hal sendiri. Pun kita bisa melakukan banyak hal dan pekerjaan sendiri, seorang diri. Dan itu baik-baik saja, semua berjalan lancar. Dan bahkan kalau kita sendiri yang melakukannya kita akan bisa tahu langsung bagaimana rasanya, kita bisa tahu hasilnya. Dan kita tahu sebagaimana batasnya, dan lain sebagainya. Tapi tetap akan ada satu waktu dimana kita akan membutuhkan kehadiran orang lain. Membutuhkan bantuan orang lain, membutuhkan nasihat orang lain. Sehingga tidak ada kata kita tidak membutuhkan orang lain. 

Makanya mulai lah untuk lebih melihat pada orang-orang sekitar kita. Jangan hanya berpikir ini tentang saya, hanya saya, saya bisa, saya harus bisa. Bukan soal itu. Kalau dibilang bisa pun, semua orang bisa-bisa saja. Tapi sampai dimana bisanya, itu yang dipertanyakan. Apakah akan bisa konsisten, itu semua yang akan dipertanyakan pada akhirnya. Jadi mencintai diri sendiri okey, memanjakan diri sendiri itu juga baik, memberikan diri reward untuk apa yang sudah kita capai itu juga diperlukan. Tapi bukan berarti sampai kelewatan juga. 

Sampai apa-apa soal kita, untuk melakukan segala sesuatu harus ada kata saya. Yang dipikirkan diri sendiri dulu. Penting dan baik untuk memikirkan diri sendiri. Tapi jangan lupa juga untuk memikirkan orang lain juga. Pikirkan juga orang sekitarmu. Pikirkan apakah kalian bisa hidup tanpa bantuan tangan orang lain?