Pentingnya Untuk Melakukan Pengecekan Kesehatan Secara Rutin Minimal Setahun Sekali

Pentingnya Untuk Melakukan Pengecekan Kesehatan Secara Rutin Minimal Setahun Sekali

Jujur saja, kesadaran kesehatan di masyarakat itu masih sangatlah rendah. Sehingga banyak orang yang mengabaikan soal kesehatan. Yang dimana akan berobat kalau sakit. Bahkan ada yang sudah sakit, lebih memilih untuk tetap bekerja. Walaupun sudah sakit parah, mereka masih akan berkegiatan seperti biasa, seperti tidak terjadi apa-apa. Dan barulah berhenti jika memang mereka sudah tidak bisa berdiri dan bergerak. Dan itulah baru mereka akan putuskan ke dokter untuk memeriksa kesehatan mereka. 

Pentingnya Untuk Melakukan Pengecekan Kesehatan Secara Rutin Minimal Setahun Sekali

Masih banyak pemikiran, sebelum tumbang, berarti badan masih sehat. Dan ini yang sangat salah. Bukan berarti juga setiap minggu atau setiap sebulan harus pergi ke rumah sakit juga. Tapi jangan sampai menunggu sakit baru memeriksakan kesehatan. Karena ada beberapa penyakit, yang memang tidak terdeteksi awalnya. Apalagi bagi orang-orang yang terbiasa berkegiatan, yang produktif, yang banyak aktivitas. Sehingga mereka tidak akan merasakan rasa sakitnya. Atau gejalanya. Nanti baru akan terasa saat sudah parah. 

Dan itu yang berbahaya. Karena biasanya beberapa penyakit, yang awalnya tidak terasa sakitnya, dan nanti sudah di tahap berbahaya, atau tahap akhir, barulah terasa rasa sakitnya. Dan saat kalian baru memeriksakan kesehatan kalian pada saat kalian merasakan sakitnya, kalian sudah tidak memiliki waktu banyak, karena sudah terlambat. Sehingga penyakit tersebut memiliki persenan kecil untuk disembuhkan, karena sudah terlanjur parah, atau sudah terlanjur menjalar kemana-mana. Dan ini yang berbahaya. 

Untuk itu perlu kesadaran masyarakat akan kesehatan. Cobalah untuk melakukan tes kesehatan lengkap rutin setidaknya setahun sekali. Walaupun kalian merasa kalian sedang sehat-sehat saja. Tetap periksakanlah. Sehingga jika ada penyakit-penyakit berbahaya, seperti tumor contohnya, yang masih jinak, bisa terdeteksi. Sehingga bisa melakukan tindakan atau perawatan secepatnya. Sebelum itu menjadi semakin parah dan sudah tidak bisa diobati. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Memang mahal, tapi apa artinya harga tersebut dibanding nanti kalau kalian sudah jatuh sakit parah, dan harus melewati segala perawatan yang biayanya bisa berpuluh kali lipat.