Bagaimana Cara Memperlakukan Orang Lain, Merespon Orang Lain

Tidak Semua Yang Baik Bagi Kita Akan Diterima Baik Juga Bagi Orang Lain

Ada beberapa hal yang bisa kita tolerir. Ada beberapa hal yang bisa kita maklumi. Dan selama hal tersebut masih masuk akal, maka kita masih bisa memberikan pengecualian. Tapi jika memang sudah tidak bisa di kompromi. Sudah tidak bisa di terima, maka kita akan dengan tegas menolaknya. Dan berhenti berurusan dengan hal tersebut. Seperti itulah manusia. Manusia adalah makhluk pemaaf, manusia bisa memaafkan berkali-kali, bahkan untuk hal yang sama. Tapi mereka juga akan ada batasannya. 

Bagaimana Cara Memperlakukan Orang Lain, Merespon Orang Lain

Dimana akan ada saat dimana mereka merasa semua ini cukup. Merasa semua ini sudah sampai disini. Sudah tidak bisa ditolerir lagi. Karena semua orang juga ada batasnya. Sabar ada batasnya, baik ada batasnya. Sehingga jika seseorang sudah sampai kehabisan sabar untuk satu hal berarti itu sudah melebihi batas. Jadi kalian bisa belajar dari hal tersebut. Sabar boleh, baik boleh, tapi ada batasnya. Ada saatnya dimana kita bisa bersikap sangat baik, ada saatnya kita bisa sangat sabar. Tapi itu tidak bisa dilakukan setiap saat dan pada siapa saja. Karena untuk melakukan itu butuh energi. Jika seseorang tidak pantas untuk mendapatkan sabar dan baiknya kita, maka jangan.

Tidak semua orang bisa dan layak mendapatkan baik dan sabar kita. Karena ada beberapa orang mereka saja tidak bisa memandang kita layaknya manusia. Mereka tidak memiliki sedikit sopan santun, dan tahu diri sebagai manusia. Mereka tidak bisa memperlakukan kita dengan sewajarnya, dengan seharusnya, jadi kita tidak perlu memiliki beban untuk memikirkan bagaimana untuk memperlakukan mereka dengan baik dan sabar. Kita pasti pada nantinya akan memperlakukan orang sebagaimana mereka memperlakukan kita. Jadi jika dia memperlakukan kita secara baik, maka kita pun akan bersikap baik padanya. Jika tidak, maka akan seperti demikianlah kita bersikap padanya. Itu seperti sistem tabur tuai, dimana apa yang kalian tabur, itulah yang kalian tuai. Atau bisa dibilang seperti karma juga. Jika kita melakukan hal baik, maka karma baik yang akan datang pada kita.